Nongkrong Seru di Hongdae Street

Lokasi: 365-8 Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul

Jam Operasional: Setiap Hari Pukul 10.00 – 23.00

Pasar Jalanan Hongdae Di Malam Hari Seoul Korea Selatan Foto Stok - Unduh  Gambar Sekarang - iStock
source: istockphoto.com

Kamu pasti sudah sering mendengar nama kawasan Hongdae. Lokasi ini memang popular dan sering disebut sebagai pusat tongkrongan yang keren. Saat memasuki kawasan ini atmosfer anak muda sudah sangat terasa, dan nampak dari style para pengunjung yang gaul, seperti para idol yang kita lihat di layar kaca! Di sini kamu bisa menemukan berbagai café unik, dan juga penampilan dari para penyanyi, rapper, atau  dancer. Di Hongdae juga ada teater yang didedikasikan untuk penari seni b-boy dan teater ‘Ballerina Who Loved A B-boy‘.

Hongdae adalah sebuah wilayah di Seoul, Korea Selatan dekat Universitas Hongik. Daerah ini dikenal dengan suasana yang muda dan romantis, budaya underground, dan kebebasan mengekspresikan diri. Kafe unik, live kafe dan klub, pasar seni, toko-toko aksesoris, galeri yang nyaman, toko-toko fashion, dan restoran gourmet yang membuat tempat ini menjadi populer sebagai tempat hang-out untuk anak muda setempat dan juga tempat ini menarik untuk berjalan-jalan. Banyak band terkenal seperti Jaurim, Crying Nut dan Peppertones berasal dari jalan ini dan mulai sebagai band indie. Area ini menyediakan festival dan pertunjukan seni jalanan, serta konser musik oleh seniman independen dan penghibur arus utama. Selain itu, kamu juga berbelanja barang-barang lucu. Dari toko kaus kaki gila seharga $ 1 hingga pedagang kaki lima yang menjual pakaian trendi terbaru, merek-merek seperti Forever21 dan H&M, butik lokal, dan toko kosmetik, semuanya ada di Hongdae.

Sejarah Hongdae

Hongik University - Study to Korea|Kursus Bahasa Korea English
source: bi-edu.com

Nama Hongdae diambil dari singkatan dari Hongik Daehakgyo.Di bawah pengaruh Universitas Hongik (Hongdae) yang terkenal dengan sekolah seni prestisiusnya, lingkungan ini dibangun di atas dasar jiwa artistik sejak tahun 1990-an. Pada hari-hari awal, berkat sewa murah saat itu, musisi beranggaran rendah dan seniman jalanan mulai pindah ke ateliers di daerah Hongdae. Banyak yang kini telah berubah menjadi kafe atau tempat musik live dan daerah tersebut memiliki reputasi sebagai kiblat seni kota dan budaya klub bawah tanah.

Hongdae Shopping Street

Berita Harian Hongdae Shopping Street Terbaru Hari Ini - Kompas.com
source: kompas.com

Selain budaya seni indie, Hongdae juga merupakan rumah bagi kios pakaian idan toko-toko vintage. Selain itu, ada kafe tema kitsch dan eklektik untuk karakter dan hewan peliharaan. Pada 2016, Hongdae menduduki peringkat salah satu lingkungan paling unik di dunia.

Hongdae Playground

Hongdae Playground 홍대 놀이터 - Trazy, Korea's #1 Travel Shop
source: trazy.com

Hongdae Playground adalah tempat bermain anak-anak yang juga terkenal akan street market-nya. Karena daya tariknya, area ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting. Hongdae juga terkenal dengan acara street show yang biasa digelar oleh mahasiswa Hongik. Pengunjung bisa menikmati berbagai penampilan jamming, street dance, sampai street market yang menjual barang-barang unik dan kreatif.

Hongdae Mural Street

Jalanan Hongdae ini banyak bertaburan mural dan grafiti, karena lokasinya yang berdekatan dengan Universitas Hongik yang terkenal dengan jurusan seni dan arsitektur. Menariknya, warna-warni di tembok tidak dihapus oleh pemerintah kota, malah dijadikan tempat wisata yang dikenal dengan karya seninya. Pilar dan dinding ditutupi dengan coretan, jendela dan pintu disemprot dengan warna-warna cerah.

20 Best Things To Do In Hongdae, Seoul - The Daily Tourist
source: dailytourist.com

Hongdae Mural Street terkenal dengan berbagai mural, artistik, dan kesenangannya di tengah-tengah kawasan Hongdae yang sibuk. Lokasi ini adalah gang kecil yang tepat berada di sebelah gerbang depan Universitas Hongik. Di area ini kamu bisa menemukan banyak sekali mural yang tercoret dengan jiwa seninya di tembok-tembok jalanan.

Hongdae Free Market

Hongdae Free Market adalah ruang terbuka antara seniman dan pengunjung. Pengunjung dapat menemukan barang-barang kreatif yang mencerminkan selera seniman yang khas. Siapa pun boleh berpartisipasi di pasar sebagai seniman.

Hongdae Free Market | 홍대프리마켓 : TRIPPOSE
source: trippose.com

Free Market ini menjadi salah satu daya tarik terbesar di Hongdae. Setiap akhir pekan dari jam 13.00 sampai 18.00 para seniman berkumpul untuk memamerkan dan menjual kerajinan tangan dan aksesoris buatan mereka. Selama acara ini berlangsung, biasanya ada berbagai konser dan acara lain yang diadakan.

Kuliner Di Hongdae Street

Penampilan seni yang luar biasa, berbelanja barang kesenian, tentu saja harus dilengkapi dengan makan-makan! Ada banyak restoran yang memenuhi setiap sudut tempat ini. Mulai dari makanan Barat atau makanan Korea, kamu bisa mencicipi segala makanan nikmat yang siap kamu santap di sini.

Teater Hongdae NANTA

Cookin' Nanta Show in Hongdae
source: befreetour.com

Teater Hongdae NANTA menampilkan acara memasak satir Korea yangsangat menyenangkan untuk segala usia dan harus dikunjungi ketika mengunjungi Hongdae. Pertunjukan di Teater Hongdae NANTA, seperti Blue Man Group yang terkenal, sepenuhnya non-verbal. Keseruan acara ini mengandalkan ekspresi dramatis dari aktor dan aktris berbakat untuk menarik perhatian penonton.

BACA JUGA: Panduan Menikmati Dongdaemun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *